Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kepopuleran Kuningan memang kalah dengan daerah lain seperti Bandung, Garut, atau Bogor. Meskipun begitu, bukan berarti Kuningan tidak memiliki potensi atau daya tarik wisata sama sekali. Alam yang dimiliki oleh kawasan Kuningan juga memiliki keindahan yang menawan, mulai dari air terjun, pemandian air panas, dan juga pegunungan. Tidak heran kalau beberapa investor sudah menyimpan saham untuk pembangunan hotel di Kuningan Jawa Barat. Nah, lalu tempat wisata apa saja yang ada di kawasan Kuningan, Jawa Barat?

pemandian Cibulan

Photo credit: pintuwisata.com

Objek Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Khusus untuk tempat wisata yang satu ini, Pemandian Cibulan memang sudah menjadi lokasi  yang popular bagi para wisatawan, terutama masyarakat lokal Kuningan. Objek wisata ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam di tanah Jawa. Menurut masyarakat sekitar, tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat persinggahan Prabu Siliwangi. Di kolam pemandian ini juga konon dipercaya terdapat ikan dewa yang usianya sudah mencapai ratusan tahun, tetapi ketika kolam ini dibersihkan ikan-ikan tersebut menghilang. Namun ada pula warga setempat yang mengaku melihat ikan-ikan tersebut berubah menjadi duri-duri ketika malam bulan purnama.

Gunung Ciremai

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang memiliki ketinggian sekitar 3.076 m dpl dan termasuk kedalam komplek Taman Nasional Gunung Ciremai. Gunung ini berada di 3 wilayah Kabupaten besar di Kuningan, yakni Kabupaten Kuningan, Majalengka, dan Cirebon. Sudah sejak lama lokasi ini menjadi lokasi favorit para wisatawan pecinta alam. Di taman nasional ini kalian juga tidak boleh melewatkan sebuah air terjun yang semakin memperindah kawasan gunung ini.

Crurug Putri

Photo credit: indonesiakaya.com

Air Terjun Putri

Ketika berkunjung ke Taman NasionalGunung Ciremai tetapi tidak ingin mendaki, kalian bias menikmati wisata alam yang ada di sekitarnya, kok! Lebih tepatnya wisata alam di Palutungan. Di kawasan wisata ini para pengunjung bias menikmati betapa segarnya Air Terjun Putri yang berada di lingkungan yang asri dan juga air yang sejuk nan jernih. Berjarakhanya 10 menit dari pintu masuk Palutungan, para pengunjung harus melewati beberapa anak tangga terlebih dahulu agar bias menemukan air terjun yang cantik ini. Kawasan Palutungan & Air Terjun Putri merupakan kawasan hutan denganluas sekitar 50 hektar yang terletak tepat di kaki Gunung Ciremai atau di Kecamatan Cigugur yang berjarak sekitar 10 km dari pusat Kota Kuningan. Berada di kawasan hutan dan berada di dalam Taman Nasional, kalian tidak perlu mengkhawatirkan  keindahan atau ke elokan dari tempat wisata ini karena memang benar-benar masih terjaga dan sangat asri. Para pengunjung yang berasal dari luar kota juga diharapkan untuk terlebih dahulu memesan penginapan atau hotel di Kuningan Jawa Barat karena kalian tidak akan menemukan sebuah hotel ataupun penginapan di kawasan Taman Nasional, lagi pula jarak dari kota ke lokasi tidak terlalu jauh, kok!

Sangkan Hurip Alami

Daya tarik dari tempat wisata Sangkanhurip Alami terdapat pada pemandian air panas yang kaya akan yodium, sehingga bias menyehatkan dan juga menyegarkan siapa saja yang berendam di dalamnya. Para pengunjung bias berendam di dalam air hangat tersebut di dalamruangan khusus ataupun di kolam yang terbuka. Selain pemandian air hangat yang menenangkan, anak-anak juga bisa berenang dan berseluncur di kolam yang dilengkapi dengan luncuran naga.

Terletak di kawasan yang strategis, para wisatawan tidak perlu lagi repot mencari hotel atau pun kios-kios makanan. Di lokasi ini para wisatawan sudah bisa menemukan banyak sekali hotel baik dari harga yang menengah hingga kalangan atas.

Taman Purbakala Cipari

Selain memiliki keindahan dan potensi wisata alam yang menarik, Kuningan juga memiliki peninggalan yang berhubungan dengan sejarah pada zaman purbakala. Di Kuningan, kalian bisa melihat langsung bagaimana lintasan kehidupan manusia prasejarah di zaman megalitikum. Taman yang bercorak megalitikum ini terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, merupakan tempat wisata menarik dan bisa menjadi bahan edukasi yang mendidik. Di lokasi yang sama ini adalah salah satu tempat ditemukannya peninggalan kebudayaan prasejarah di Kabupaten Kuningan. Memiliki luas sekitar 6.364 meter persegi ini pernah ditemukan tiga peti kuburan batu yang di dalamnya terdapat barang-barang berupa kapak batu, gelang batu, dan gerabah.

Nah, demikianlah beberapa lokasi wisata populer  yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Kuningan, Jawa Barat. Meskipun termasuk wilayah yang cukup kecil di Provinsi Jawa Barat, Kuningan juga memiliki banyak sekali pesona wisata yang tidak kalah menarik. Para pelancong juga bisa menikmati beragam kemudahan akomodasi seperti, penyedia makanan, transportasi, dan juga hotel. Khusus untuk penginapan, kalian bisa menemukan beragam pilihan hotel melalui aplikasi Traveloka, jika ingin memesan kamar tanpa harus khawatir kehabisan kamar.

Bagi anda yang berminata untuk berkunjung kesana, jangan lupa untuk selalu menggunakan NABARENTCAR sebagai salah satu penyedia layanan rental mobil dan transportasi terpercaya di Cirebon dan sekitarnya.

Silahkan menghubungi kami disini untuk info lebih lanjut mengenai harga dan promosi yang tersedia. Customer service kami akan dengan senang hati melayani anda.