Siapa yang tak kenal dengan warisan budaya yang sudah mendunia yaitu Batik? Batik merupakan suatu warisan budaya yang berakar pada seni dan  mampu mepersatukan bangsa. Batik ialah sehelai kain yang dilukis atau digambar serta diwarnai dengan cara khusus dengan menggunakan lilin atau malam pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki ciri khas tersendiri. sejak 2 Oktober 2009, Batik Indonesia sendiri telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Hal tersebut dilakukan dengan melihat berdasarkan pada teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya.

Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang motif batiknya sangat terkenal, yaitu Solo, Jogja, Pekalongan serta Cirebon. Keunikan batik tak hanya dirasakan oleh bangsa Indonesia saja, bahkan Pemimpin Dunia seperti Barack Obama dan Nelson Mandela pun mengakui dan mencintai batik Indonesia. Batik telah menjelma sebagai wajah Indonesia dikancah dunia dengan keindahan warna serta pola dengan bentuk dan corak yang sangat mengagumkan.

Batik trusmi 593x890Di Kota Cirebon ada sebuah perkampungan batik yang dikenal masyarakat luas dengan nama “Kampung Batik Trusmi”. Kampung Batik Trusmi adalah pusat industri batik di Cirebon sekaligus sebagai tempat wisata kuliner. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon.

Menurut sejarah kegiatan membatik Desa Trusmi berawal dari peranan Ki Gede Trusmi. Salah seorang pengikut setia Sunan Gunung Jati ini mengajarkan seni membatik sembari menyebarkan Islam. Sampai sekarang, makam Ki Gede masih terawat baik, setiap tahun dilakukan upacara cukup khidmat, upacara Ganti Welit (atap rumput) dan Ganti Sirap setiap empat tahun.

Setiap kawasan di kampung batik ini terdapat beraneka ragam batik. mulai dari kain hingga beraneka ragam baju batik, dan jika berkunjung ke Kampung Batik Trusmi Cirebon, maka Anda akan dapat melihat sederetan toko-toko yang menjajakan kain ataupun baju batik.

Harga batik yang ditawarkan bervariasi dari harga murah, hingga harga yang mahal, hal itu tergantung dari kualitas kain itu sendiri.

Untuk mengunjungi Kampung batik Trusmi Anda bisa menggunakan jasa transportasi dengan tingkat kenyamanan yang istimewa bersama Naba Rent Car. Dengan didukung kendaraan yang selalu terawat dan bersih serta supir yang ramah menjadikan perjalanan Anda nyaman dan puas.

Tunggu apalagi, segera pesan dan hubungi Naba Rent Car untuk memperlancar perjalanan Anda:

NABA RENT CAR

 

Griya Intan Blok A No.19 Perumnas Cirebon

Website: www.nabarentcar.com

Phone: (0231) 8303653

WA: 082127944944/ 087729177277

BBM pin: 56ECAFEF

 

 

Image By: Google.com