Mengenal Sejarah dan Resep Pembuatannya

Empal gentong khas Cirebon seperti namanya merupakan makanan khas dari  masyarakat Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Dimana makanan yang satu ini persis seperti gulai yang dimasak memakai kayu bakar dalam gentong. Adapun daging yang dipakai dalam empal gentong ini diantaranya daging sapi, babat, dan usus sapi. Tak hanya memakai gentong dan kayu bakar, dimana makanan ini juga disajikan memakai kucai beserta sambal cabai kering yang digiling. Makanan khas Cirebon ini bisa disajikan menggunakan lontong atau nasi.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Empal Gentong

Empal gentong khas Cirebon merupakan sejenis makanan berkuah yang rasanya begitu nikmat dan enak. Dimana sangat cocok untuk Anda yang gemar mekanan berkuah. Empal gentong tak jarang dinamakan sebagai soto sebab bentuknya memang seperti soto. Asal makanan khas Cirebon ini tepatnya di Desa Battembat, yakni di Kecamatan Tengah Tani, di Kabupaten Cirebon. Empal gentong ini biasanya dibagian atasnya ditaburi irisan dari daun kucai yang lezat dan sangat ideal disajikan dengan lontong.

Empal gentong sendiri dibuat dengan nama yang disesuaikan bersama bahan racikan utamanya. Seperti halnya nama “empal” berupa bahan utamanya yang terbuat dari daging sapi yang memiliki sedikit lemak. Sementara sebutan “gentong” itu sendiri proses memasaknya menggunakan kuali maupun periuk dari tanah liat. Adapun istilah empal dari Cirebon yaitu gulau dan bukan dendeng atau gepuk. Dinamakan demikian sebab dimasak dengan waktu minimal 5 jam dalam kuali atau gentong memakai bahan bakar secara khusus, yakni kayu yang berasal di pohon asem.

Dimana hal tersebut bertujuan untuk menciptakan tingkat keempukan dan rasa daging itu sendiri. Sementara cara memasak memakai kuali tersebut sebenarnya telah dilakukan dengan turun temurun. Dengan menggunakan wadah dari tanah liat dimana telah digunakan hingga bertahun-tahun dapat memberikan sentuhan berupa rasa yang sangat sedap dan nikmat. Selain itu, tentunya disebabkan kerak bumbu telah mengenap pada pori-pori bagian tanah liat.

Bahan-Bahan Pembuatan Empal Gentong

Untuk bahan-bahan pembuatan empal gentong itu sendiri, terdiri dari bahan taburan, bahan utama dan bahan yang dihaluskan. Bahan untuk taburan berupa 2 sdm bawang goreng, 2 tangkai kucai dipotong-potong, dan 6 buah cabe kering ditumbuk kasar. Sedangkan bahan utama terdiri dari 2,5 ons daging sapi dipotong dengan ukuran sesuai selera kecil-kecil, 250 cc air santan kelapa 3,5 sdt garam, 1,5 liter air, 2 lembar daun salam segar, 2 sdm minyak, 1 ons limpa sapi rebus lalu poton berukuran 2x2cm, 1 ons babat sapi rebus dan potong dengan ukuran sama dan 1 ¼ sdt gula pasir atau sesuai selera.

Adapun untuk bumbu empal gentong yang dihaluskan diantaranya 4 butir kemiri disangrai terlebih dulu, 4 siung bawang putih, 10 siung bawang merah, ¾ sdt merica bubuk dan 2 cm rimpang kunyit atau kunir lalu dibakar.

Panduan Resep Membuat Empal Gentong Khas Cirebon

Pertama-tama rebus daging sapi dengan air yang sudah disiapkan terlebih dulu hingga matang. Jika sudah, Anda bisa mengecek air kaldunya lalu tambahkan kembali dengan air hingga 1.500 cc. Lalu Anda dapat memanaskan minyak untuk menumis semua bumbu halus yang disiapkan di atas, dan tumis dengan serai dan daun salam hingga berroma. Jika sudah tercium aromanya, tambahkan dengan babat sapi lalu campur dengan potongan dari daging sapi dan limpa sapi sembari diaduk hingga merata. Cara terakhir yaitu dengan merebus daging tersebut bersama dengan gula dan garam. Anda bisa memasaknya hingga mendidih dan masukkan santan kelapa. Masak terus empal gentong khas Cirebon ini hingga benar-benar matang.