Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menyewa Bus Pariwisata di Cirebon
Banyak sekali orang yang ingin melakukan traveling, namun kesalahan yang paling sering dilakukan adalah langsung mencari tahu harga sewa bus pariwisata di Cirebon. Mencari tahu akan hal tersebut tentu tidak masalah, akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu sebelum menanyakan hal tersebut pada penyedia rental bus, seperti :
– Jumlah peserta
Pertama-tama Anda harus memastikan jumlah peserta yang akan ikut dalam rombongan tersebut. Jumlah ini tentunya akan sangat berkaitan erat dengan jumlah tempat duduk dan pemilihan ukuran bis tersebut. Seperti diketahui bersama jumlah kursi yang ada dalam sebuah bis ada bermacam-macam untuk bis kecil maka hanya akan muat 32 orang atau 32 seat, untuk bis sedang 47 seat, untuk bis besar muat 50 seat dan 59 seat. Dengan mengetahu jumlah rombongan dengan pasti, Anda akan dapat memperhitungkan bis mana yang akan disewa dan berapa banyak.
– Perhatikan juga jarak tempuh yang akan Anda lakukan
Jika jarak tempuh dekat, Anda dapat menggunakan bis dengan kursi 3-2, namun jika jaraknya jauh, dan anggota atau peserta rombongan anda cukup banyak akan lebih nyaman jika menggunakan kursi 2-2, dengan demikian semua peserta akan duduk dengan nyaman dan perjalananpun akan semakin menyenangkan.
– Fasilitas di dalam bus
Jika perjalanan Anda jauh, maka perhatikan berbagai macam fasilitas yang ada di dalam bus tersebut, untuk kenyamanan peserta rombongan, seperti AC, VCD/DVD, Karaoke, WIfi, toilet, dll.
Setelah itu Anda dapat menanyakan :
– Harga sewa bis
Berapa harga sewa bis tersebut, untuk itu Anda dapat melakukan survey ke beberapa loksasi penyewaan bis, Anda dapat bertanya secara langsung, tentang kriteria penyewaan, lama waktu penyewaan, dll.
– Apakah sudah termasuk sewa sopir
Tanyakan juga apakah harga sewa yang dimaksud sudah termasuk uang untuk sopir atau tidak, karena ada beberapa perusahaan penyewaan bis yang mencantumkan secara terpisah uang untuk sewa bis dan uang untuk sewa sopir.
– Apakah sudah termasuk uang bensin, parkir, dll
Tanyakan juga apakah harga sewa tersebut sudah termasuk ke dalam uang parkir, uang bensin atau tidak, karena ada beberapa perusahaan penyewaan bis yang tidak mencantumkan biaya seperti ini ketika menyewakan bis pariwisata terebut.
Anda perlu menanyakan ini dengan detail dan baik, keuntungan menanyakan hal ini adalah Anda dapat memperhitungkan dengan baik berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa termasuk uang lainnya, dengan demikian tidak akan ada istilah over budgeting, dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.
Hal-hal lainnya yang harus diperhatikan adalah :
– Penyedia layanan
Anda sebaiknya mencari penyedia layanan yang terbaik, ada baiknya jika Anda mencari tahu melalui kolega atau mengetahui dari search engine di internet, tentunya ini adalah cara praktis untuk mengetahui penyedia layanan terbaik.
– Bis cadangan
Sebuah penyedia layanan terbaik biasanya akan memiliki beberapa bis cadangan dan mempunyai banyak link di beberapa daerah, dengan demikian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, maka pihak penyedia akan memberikan solusi secara langsung, dengan mengirimkan bus cadangan.
– Mekanik
Ada baiknya jika menyedia layanan juga menyertakan mekanik ke dalam bis tersebut, jadi di dalam bis tersebut terdapat 3 orang yaitu supir, sopir cadangan dan mekanik. Hal ini baik sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, dan juga selalu menjaga bis dalam setiap kesempatan agar selalu dalam kondisi prima.
Dengan demikian tidak harus selalu mencari tahu harga sewa bus pariwisata di Cirebon yang didahulukan, akan tetapi ada beberapa informasi lainnya yang juga diperlukan untuk dapat menyewa bus dengan baik.