Berlibur ke kawasan wisata Cirebon Kuningan menjadi pilihan sejumlah wisatawan yang mau menikmati pemandangan alam indah. Salah dua destinasi wisata yang kerap dikunjungi di sekitar area ini adalah Gunung Ciremai dan Curug Putri. Namun, masih ada lokasi-lokasi menarik lain yang bisa Anda sambangi di wilayah tersebut. Pasalnya, jalur lalu lintas Cirebon-Kuningan masuk ke beberapa lingkungan cagar budaya ternama di Jawa Barat.

Penasaran? Simak daftarnya berikut ini!

  1. Desa Wisata Sitonjol

Anda yang suntuk dengan hiruk-pikuk perkotaan pasti bakal menyukai kunjungan ke Desa Wisata Sitonjul. Objek wisata ini menyuguhkan atmosfer khas pedesaan, termasuk bentang pegunungan dan persawahan hijau. Belum lagi sambutan warganya yang amat hangat dan ramah. Desa Sitonjul sendiri merupakan gabungan Desa Simenyan dengan Desa Manjul. Anda dapat menjangkaunya baik dari pusat Kota Kuningan maupun Cirebon dengan jarak tempuh masing-masing 13 kilometer dan 24 kilometer.

  1. Wisata Bukit Panembongan

Kendati baru diresmikan pada 2016, Wisata Bukit Panembongan sukses mengundang atensi para turis dari berbagai daerah. Bebukitan yang berada di sekitar Desa Tembong, Kecamatan Gawangi, Kabupaten Kuningan ini menghadirkan panorama memukau. Adapun fasilitas-fasilitas lain seperti flying fox sampai lokasi berkemah dan pemotretan pre-wedding. Untuk masuk ke tempat wisata Cirebon Kuningan ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

  1. Situ Cicerem

Keberadaan situ atau telaga di Jawa Barat bukan hal baru, tetapi Situ Cicerem punya keunikan yang akan membuat Anda terpesona. Sesampainya di sana, Anda bakal melihat telaga dengan air kebiruan yang jernih sampai-sampai disebut sebagai kembaran Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Situ Cicerem juga menjadi habitat ratusan ikan mas yang bisa Anda lihat langsung tanpa bantuan alat. Pepohonan yang mengitari objek wisata ini akan semakin menambah keasrian dan kesejukannya.

  1. Situs Purbakala Cipari

Ingin menjelajahi destinasi wisata sejarah? Berarti, Anda patut mempertimbangkan Situs Purbakala Cipari di Kabupaten Kuningan. Situs tersebut merupakan salah satu peninggalan dari masa megalitikum dengan bukti kuburan batu yang ditemukan pada 1972. Studi lanjutan yang dilakukan arkeolog Teguh Asmar pun menghasilkan temuan lain seperti gerabah, perunggu, perkakas dapur, sampai bekas dari pondasi bangunan. Anda pun bisa mengunjungi museum di sekitar situs untuk melihat peninggalan lain.

  1. The Mountain Recreation Park Kuningan

The Mountain Recreation Park Kuningan adalah wanawisata air yang cocok untuk dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga. Setidaknya, ada lima jenis kolam renang yang dapat dipilih dengan wahana-wahana lain yang tak kalah seru. Sebut saja kora-kora, komidi putar, sampai kereta api mini. Tempat wisata Cirebon Kuningan ini berlokasi di Kompleks Perumahan Pesona Alam Kuningan dengan jam operasional Senin-Jumat, dari pukul 8 pagi hingga 5 sore.

  1. Gedung Perundingan Linggarjati

Bukan cuma kaya akan keindahan alam, kawasan Cirebon-Kuningan juga termasuk saksi bisu dari kejadian-kejadian penting dalam sejarah Indonesia. Anda dapat menemukannya sendiri saat sampai di Gedung Perundingan Linggarjati—tempat berlangsungnya perembukan di antara Indonesia dengan Belanda pada 1946. Dikenal pula sebagai Museum Linggarjati, tempat wisata sejarah yang beralamat di Desa Linggarjati, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan ini dapat disambangi setiap hari.

Menyusuri area Cirebon-Kuningan dengan NabaRentCar

Tidak sedikit wisatawan yang sengaja meluangkan waktu demi mengunjungi objek-objek wisata yang ada di kawasan Cirebon-Kuningan. Dalam hal ini, Anda yang berminat harus melakukan persiapan sematang mungkin. Dari jadwal, penginapan, bujet, dan pastinya jenis kendaraan yang dibawa. Walaupun sebagian besar jalur lalu lintas Cirebon-Kuningan sudah beraspal, tetapi masih ada rute-rute berat yang masih jarang dilewati transportasi umum.

Di sinilah peran mobil rental menjadi vital. Pasalnya, dengan merental kendaraan, Anda tidak selalu tergantung dengan transportasi publik. Dari segi bujet pun bakal jauh lebih murah, sebab Anda hanya akan membawa satu kendaraan. Jika Anda belum familier dengan medannya, jangan sungkan menyewa mobil bersama supir berpengalaman. Setelah itu, Anda tinggal menyesuaikan itinerary untuk wisata Cirebon Kuningan.