Kerajinan tangan merupakan hasil buah tangan dari keahlian individu atau kelompok dalam menciptakan suatu benda yang memiliki sebuah nilai. Bentuk Negara Indonesia yang berupa Negara maritim memunculkan berbagai kerajinan tangan yang khas dari setiap daerah, dan salah satu kerajinan tangan yang memiliki nilai ialah gerabah yang eksistensinya hingga saat ini mampu diakui oleh seantero negeri bahkan dunia.

Gerabah merupakan suatu kerajinan tangan yang berasal dari tanah liat yang juga bagian dari keramik. Namun banyak masyarakat beranggapan bahwa gerabah bukanlah bagian dari keramik karena teksyr permukaannya yang tidak mengkilap seperti halnya vas bunga dan guci. Akan tetapi keduanya memiliki bahan dasar yang sama yaitu tanah liat dan sama-sama merupakan bahan pecah belah hanya yang membedakan permukaan halus dan mengkilap saja, namun dalam esensinya benda-benda ini sama.

DSCN9498Salah satu kota di Indonesia yaitu Cirebon memiliki kerajinan tangan berupa gerabah yang memiliki nilai estetika tinggi yang sudah diakui nusantara dan dunia. Salah satu desa di kabupaten Cirebon yaitu Sitiwinangun adalah daerah yang menghasilkan kerajinan tangan ini. Sitiwinangun adalah nama sebuah desa di kecamatan Klangenan yang terletak 15 km ke arah barat kota Cirebon. Sitiwinangun berasal dari bahasa Jawa yang berarti “tanah yang dibentuk”. Siti = tanah, wangun = bentuk. Tradisi membuat kerajinan gerabah sudah dilakukan oleh nenek moyang penduduk Sitiwinangun yang berbudaya agraris sejak zaman dahulu.

Pertemuan beragamnya budaya di Cirebon meliputi Sunda, Jawa, Arab, Cina, Islam serta Hindu membuat gerabah Cirebon memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dari daerah yang lainnya. Menurut penuturan  cerita masyarakat di sana , asal mula kerajinan tangan ini adalah dari Pangeran Panjunan. Ketika itu sang pangeran memiliki keahlian dalam membuat karya seni berupa gerabah. Bahkan,  karya-karyanya banyak disukai orang. Hasil karyanya terlihat sangat halus dan indah, seakan dapat membius orang yang melihatnya. Konon katanya, bahan dasar gerabah berupa tanah liat yang berasal dari sitiwinangun sudah memiliki nilai tinggi tanpa perlu harus diolah.

Cirebon bukan hanya identik dengan kesenian seperti tari topeng, batik mega mendung dan lukisan kacanya saja, namun Cirebon memiliki hasil karya seni lainnya yang begitu indah dalam bentuk gerabah yang sudah mendunia dan melegenda.

 

Sumber: www.cirebonmedia.com

Image By: Google.com