Memiliki letak yang berbatasan langsung dengan dua provinsi besar yaitu Jawa Barat dan Jawa Tengah serta memiliki percampuran budaya dari Arab, Cina, Sunda dan Jawa membuat daerah yang akrab dengan sebutan “Kota Udang” memiliki kesenian, bangunan sejarah hingga kuliner yang unik dan istimewa bila dibandingkan daerah lain.

bang leo 1Keunikan Kota ini bisa dilihat dari 4 Keraton yang masih terjaga dan berdiri kokoh. Hal ini hanya ada di Cirebon, jika dibandingkan daerah lain yang hanya memiliki satu keraton dalam daerahnya. Cirebon memiliki Keraton Kasepuhan, Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Kaprabonan. Keraton-keraton ini merupakan bukti bahwa di Cirebon pernah menjadi daerah dengan peradaban maju dimasa lampau yang kemudian menjadi daya tarik dimasa kini.

bang leo 2

Selain itu di daerah ini terdapat salah satu taman peninggalan sejarah yang mungkin hanya ada satu-satunya di dunia dan hal ini hanya ada di Cirebon. Taman Gua Sunyaragi, merupakan sebuah taman dengan sebagian besar bangunan yang terbuat dari batu karang. Batu karang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk susunan yang unik seperti sebuah istana megah. Tak hanya disitu saja, di area ini terdapat gua yang konon menurut cerita gua ini dapat langsung menghubungkan dengan kota Mekkah di Arab Saudi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang memiliki arti sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

bang leo 3

Tak sampai disitu saja, di Cirebon juga terdapat kampung batik Trusmi, daerah ini merupakan sentra industri batik Cirebon yang terkenal yaitu Batik Megamendung. Kampung ini terletak di Plered, Cirebon, sekitar empat kilometer di sebelah barat Kota Cirebon.

bang leo 4

Dan di Cirebon juga terdapat makam salah satu anggota Wali Songo yaitu Sunan Gunung Jati yang merupakan tokoh penting yang membangun Kota Cirebon menjadi salah satu daerah dengan peradaban maju tempo dulu dan juga berjasa menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.

Untuk menikmati keindahan serta keunikan 4 Keraton, Taman Gua Sunyaragi, Kampung Batik Trusmi serta berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati Anda bisamenggunakan jasa City Tour dari Naba Rent Car. Sebuah jasa bidang transportasi dan wisata terbaik dan terpercaya di Kota Cirebon.

Bagi Anda yang ingin merasakan kenyamanan, kepuasan dan kemudahan dalam jasa Transportasi serta Pariwisata bersama Naba Rent Car, Anda dapat langsung menghubungi:

 

 

NABA RENT CAR

 

Griya Intan Blok A No.19 Perumnas Cirebon

Website: www.nabarentcar.com

Phone: (0231) 8303653

WA: 082127944944/ 087729177277

BBM pin: n4b4-RC

 

 

Image By: Google.com