Gerbang_Tol_Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan, disingkat Tol Cipali adalah sebuah jalan tol  yang  terbentang sepanjang 116,75 kilometer yang  menghubungkan  daerah  Cikopo,  Purwakarta  dengan Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Jalan tol ini  merupakan  kelajutan  dari  Jalan  Tol  Jakarta-Cikampek yang menghubungkan dengan Jalan Tol Palimanan-Kanci. Jalan tol juga sekaligus merupakan bagian dari Jalan   Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. Jalan tol ini memperpendek jarak tempuh sejauh 40 km dan diprediksi akan memotong waktu tempuh 1.5 sampai 2 jam dibandingkan melewati Jalur Pantura.

Hadirnya Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) memberikan keuntungan tersendiri bagi para traveller / pecinta jalan-jalan. Traveller juga memikirkan biaya yang harus murah tetapi memikirkan waktu perjalanan dan akses yang mudah ke titik lokasi tujuan wisata, dengan telah diresmikannya Tol Cipali (Cikopo Palimanan) sejak tanggal 15 Juni 2015  yang merupakan bagian dari jalur tol trans Jawa akan memeperpendek jarak perjalanan sekitar 40 kilometer dan memperpendek waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan apabila melalui jalur Pantura pada saat normal.

Jalan tol itu terhubung dengan ruas tol Jakarta – Cikampek dan Palimanan – Kanci. Ke 5 (lima) kabupaten tersebut akan menjadi target tujuan wisata baru bagi para traveller / pecinta jalan-jalan karena dengan kehadirannya Tol Cipali maka dapat dilakukan trip yang bertempo 1 (satu) hari (One day Trip) dari Jakarta.

Setelah dibukanya Tol Cipali Jakarta – Cirebon saat ini jarak tempuh menjadi lebih cepat, otomatis dengan dibukanya Tol Cipali ini dan Tol yang terpanjang di Indonesia membuat Cirebon lebih cepat diakses melalui Jakarta. kita teringat dahulu ketika ingin ke Bandung minimal 4 sd 5 jam lebih berkendara dari Jakarta, setelah Tol dibuka akses ke kota Bandung hanya kurang dari 2 jam saja kalau lancar, sekarang sih normalnya kalo macet bisa lebih dari 3 jam. Nah dengan adanya Tol Cipali ini Cirebon menjadi destinasi orang Jakarta setelah Bandung untuk pergi berwisata.

Kota Cirebon sesungguhnya bukan kota persinggahan semata. Di kota yang dijuluki “Kota Udang” ini tersimpan keunikan serta keindahaan yang tersebar di sejumlah sudut kota. Kota ini pun makin menarik karena menggambarkan percampuran dua budaya, yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cirebon dikenal sebagai kota yang punya banyak keraton, selain beragam kuliner tentunya.

Kota yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini pun menjadi salah satu kota tersibuk di tanah air, dalam melayani warga yang ingin mudik sekaligus berlibur dari Jakarta maupun kota lainnya.

Cirebon dikenal sebagai destinasi wisata religi dan tempat bersejarah. ada beberapa keraton yang bagus untuk dikunjungi. Ada banyak tempat-tempat menarik di Cirebon. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah sejumlah tempat wisata di Cirebon paling menarik dan patut Anda kunjungi tatkala berada di Cirebon.

  1. Keraton Kasepuhan
  2. Keraton Kanoman
  3. Keraton Kacirebonan
  4. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
  5. Ziarah Makam Sunan Gunung Jati
  6. Taman Sari Gua Sunyaragi
  7. Taman Ade Irma Suryani (sekarang Cirebon Waterland)
  8. Wisata Kampung Batik Trusmi
  9. Tempat Wisata Belawa
  10. Tempat Wisata Plangon
  11. Tempat Wisata Setu Patok

Selain tempat Wisata di atas ada juga berbagai tempat wisata untuk Religi/Ziarah. Dan yang tak kalah pentingnya ialah kuliner khas Cirebon.

(*berbagai sumber)

Kami  Naba Rent Car Cirebon siap mengantar anda berwisata ke kota Cirebon dengan aman dan nyaman, anda dapat langsung menghubungi:

Naba Rent Car – Rental Mobil Cirebon

Alamat: Griya Intan Blok A No 19 Perumnas Cirebon, Jawa Barat
Email : nabarentcar@gmail.com
HP : +6282 127 944 944 / +6287 729 177 277
Telp. : (0231) 830 3653
We Chat ID : 082 127 944 944

PIN BBM: n4b4-RC