Pada tanggal 15-19 September 2017 yang akan datang, Kota Cirebon akan disemarakan dengan perhelatan akbar Festival Keraton se-Nusantara (FKN) yang ke XI. Ini adalah kedua kalinya Kota Cirebon diberi kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggara setelah FKN yang ke-2 digelar disini 20 tahun yang lalu. Dalam rangka mensukseskan kegiatan tersebut, pemerintah Kota Cirebon bersama peran serta masyarakat Cirebon telah melakukan berbagai pembenahan yang diperlukan.

Kegiatan Festival Keraton se-Nusantara merupakan salah satu ajang yang bertujuan untuk melestarikan warisan seni budaya dan tradisi dari berbagai keraton yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu warisan budaya bangsa, keraton sejak dulu dipandang sebagai pusat segala aktivitas social kemasyarakatan yang dihuni oleh berbagai etnis dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda. Tradisi dan peninggalan tersebut dianggap memiliki berbagai nilai perjuangan bangsa yang dapat memberikan kebanggaan serta manfaat yang perlu untuk tetap dilestarikan dan dibina.

bp-azis-e1504612489730

FKN berawal dari ajang Festival Keraton se-Jawa yang diadakan di Solo pada tahun 1992. Lalu dikembangkan menjadi Festival Keraton se-Nusantara pertama di Yogyakarta pada tahun 1995. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap 2 tahun sekali, tetapi pada FKN Ke-3 yang seharusnya diselenggarakan di Kerajaan Bima pada tahun 1999 dengan terpaksa harus dibatalkan karena adanya permasalahan ekonomi yang terkait dengan krisis moneter.
Menurut rencana kegiatan Festival Keraton se-Nusantara XI tahun 2017 ini akan dihadiri oleh sekitar 50 keraton peserta dengan tidak kurang dari 100 delegasi yang masing-masing akan melakukan kirab dan membawa keunikan dan tradisinya masing-masing. Kota Cirebon sendiri telah menentukan 4 lokasi yang akan dijadikan pusat kegiatan FKN XI ini yaitu Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan dan Gua Sunyaragi.

Gua Sunyaragi-22 gh

Berbagai acara sudah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara, diantaranya adalah Kirab Agung Prajurit Keraton, Upacara Adat, Pergelaran Busana Keraton, Pameran Benda Pusaka Keraton dan sebagainya. Jadwal secara lengkap mengenai FKN XI tahun 2017 adalah sebagai berikut :

Day 01 (15 September 2017)
>. Waktu    : 19.00 – 22.00
Acara     : Welcome Dinner Raja dan Sultan se-Nusantara
Lokasi    : Taman Air Gua Sunyaragi

Day 02 (16 September 2017)
>. Waktu     : 08.00
Acara      : Pembukaan dan Pelepasan Kirab Agung Prajurit Keraton
Lokasi     : Alun-Alun Keraton Kasepuhan

>. Waktu     : 10.00 – 22.00
Acara      : Pameran Benda Pusakan Keraton se-Nusantara
Lokasi    : Keraton Kanoman

>. Waktu    : 08.00 – 22.00
Acara     : Pameran Kerajinan Rakyat Dekranasda Jabar
Lokasi   : Taman Air Gua Sunyaragi

>. Waktu    : (Tentative)
Acara     : Pagelaran Kesenian Keraton se-Nusantara
Lokasi   : Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan Taman Air Gua Sunyaragi

Day 03 (17 September 2017)
>. Waktu   : 08.00 – 21.00
Acara    : Musyawarah Raja dan Sultan se-Nusantara
Lokasi   : Grage Hotel Cirebon

Day 04 (18 September 2017)
>. Waktu    : 09.00 – 16.00
Acara     : Seminar dan Dialog Budaya
Lokasi    : Hotel Prima Cirebon

Day 05 (19 September 2017)
>. Waktu    : Tentative
Acara      : Pagelaran Seni Budaya Jawa Barat dan Penutupan Kegiatan FKN XI
Lokasi     : Taman Air Gua Sunyaragi

bang leo 1

Festival Keraton se-Nusantara XI di Cirebon ini merupakan salah satu alternatif kegiatan wisata yang dapat anda lakukan di Cirebon. Untuk itu kami dari Nabarentcar telah berkomitmen untuk ikut mensukseskan event akbar tersebut dengan menyediakan layanan sewa mobil cirebon dan kegiatan city tour Cirebon. Untuk info lebih lanjut anda bias menghubungi kami disini, staff kami akan dengan senang hati untuk memberikan informasi dan melayani kebutuhan dalam transportasi khususnya sewa mobil di Cirebon.

Ayo tunggu apa lagi……… Hubungi kami sekarang dan dapatkan pengalaman yang berbeda dengan mengunjungi Festival Keraton se-Nusantara XI di Cirebon pada tanggal 15-19 September 2017.

Butuh sewa mobil di Cirebon…… ya Nabarentcar tempatnya.