Nasi Jamblang Khas Cirebon

Nikmati Sensasi Kuliner Nasi Jamblang Khas Cirebon, Mak Nyus di Lidah!

1_JamblangNama Jamblang sendiri diambil dari nama salah satu lokasi di Cirebon. Nasi jamblang identik dengan bungkus daun jati serta lauk yang sederhana tapi bermacam-macam. Nasi jamblang umumnya di bandrol dengan harga yang relatif murah. Penggunaan bungkus daun jati ini bukan tanpa sebab. Daun jati dipercaya dapat membuat makanan tidak cepat basi. Selain itu tekstur daun jati yang tidak mudah rusak atau sobek menjadi alasan pemilihan daun tersebut sebagai bungkus nasi jamblang sejak dahulu hingga sekarang.

Nasi Jamblang, Nasi para buruh Pekerja Jaman Belanda

Tepatnya pada tahun 1847, Belanda mendirikan pabrik gula di Gempol Palimanan dan juga Plumbon serta pabrik spirtus yang berlokasi di Palimanan. Pembukaan tersebut otomatis menyedot banyak buruh dari daerah sekitaran lokasi pabrik. Para buruh tersebut ada yang berprofesi sebagai buruh lepas di perkebunan maupun buruh dalam pabrik yang ditempatkan di bagian pengolahan, administrasi, keamanan dan lain sebagainya.

Para buruh rupanya tidak hanya datang dari area sekitaran pabrik. Banyak pula yang berdatangan dari kejauhan seperti Cisaat, Cimaha, Ciniru, Bobos, Lonkong dan juga Sindangjawa. Para buruh dari kejauhan tersebut berangkat pagi buta dalam kondisi belum sarapan. Berjualan nasi pada zaman penjajahan Belanda cukup berisiko sebab peredaran uang masih sedikit dan adanya kepercayaan masyarakat dahulu bahwa lebih baik menyimpan padi atau beras daripada menyimpan uang.

Suatu hari, pasangan suami istri yang bernama Ki Antara dan Ny. Pulung yang merasa iba melihat para buruh pabrik tersebut memasak nasi yang kemudian dibagikan pada buruh pabrik pagi-pagi buta. Nasi yang dibungkus daun jati tersebut diberikan secara Cuma-Cuma. Ny. Pulung menolak setiap kali para buruh memberinya uang. Inilah asal mula nasi jamblang khas Cirebon yang dibungkus dengan daun jati.

Nasi Jamblang, Kuliner yang Wajib Anda coba di Cirebon

Nasi atau Sego Jamblang adalah makanan wajib yang harus Anda coba selama berlibur di Cirebon. Nasi jamblang memiliki banyak keunggulan yang akan membuat Anda ingin menyantapnya lagi dan lagi. Ini adalah ciri khas nasi jamblang yang tidak bisa Anda temukan pada kuliner nusantara lain, yaitu:

  1. Di bungkus dengan daun jati. Dibandingkan dengan daun pisang, membungkus nasi dengan daun jati akan membuat nasi tetap pulen dan tidak mudah bau. Selain itu, tekstur daun jati juga tidak mudah robek dan lebih tebal sehingga lebih awet. Lebih dari itu, bungkus daun jati juga menambah aroma sedap nasi jamblang.
  2. Memiliki lauk yang beraneka ragam utamanya sambel goreng, pusu atau paru-paru, semur, daging, perkedel, ikan, tempe, tahu dan juga ikan asin. Anda akan merasakan sensasi semua lauk tersebut dalam satu hidangan khas Cirebon yang satu ini.
  3. Harga relatif murah meski dijual dengan lauk yang beranekaragam.

Anda bisa berkeliling kota Cirebon untuk merasakan kuliner sego Jamblang di beberapa tempat di Cirebon. Bisa jadi, taste nasi Jamblang di tempat satu akan berbeda dengan tempat yang lain. Untuk itu, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk memburu nasi Jamblang di Kota ini. Jika Anda sedang mudik dan sedang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa mobil di Naba Rent Car yang memberikan pelayanan super. Naba Rent Car memiliki banyak keunggulan antara lain manajemen yang berpengalaman dan profesional, tersedia banyak pilihan mobil bermerk dengan harga bersaing, driver yang profesional dan ramah. Bermitra dengan Naba Rent Car akan membuat momen hunting Nasi Jamblang khas Cirebon menjadi lebih sempurna.