Sudah tak ada yang meragukan karakteristik keindahan seni budaya yang dimiliki kota Cirebon, bercampurnya beberapa budaya dari Arab, Sunda, China dan Jawa melahirkan kesenian dengan karakter kuat yang kemudian menjadi wajah dari kota yang akrab dengan sebutan kota Wali ini.

Daerah yang satu ini bisa dikatakan sebagai jembatan penghubung antara dua provinsi besar di Indonesia yaitu Jawa Tengah dan Jawa Barat. Memiliki letak strategis dan didukung oleh kekayaan seni dan budaya serta memiliki sejarah sebagai daerah yang di dalamnya memiliki empat kerajaan yang berkuasa membuat kota Cirebon memiliki daya tarik tersendiri di mata masyarakat Indonesia maupun manca Negara.

Melalui perkembangan bersatunya beberapa budaya ini kemudian melahirkan kesenian khas seperti Tari Topeng Cirebon. Tari topeng Cirebon biasanya ditampilkan tunggal atau pun berkelompok . Dalam pementasannya menggunakan beberapa jenis topeng yang diperankan sang penari saat pertunjukan diantaranya, Topeng Panji, Topeng Samba, Topeng Rumyang, Topeng Tumenggung dan Topeng Kelanan.

Tak hanya tari topeng, kesenian Cirebon masih memiliki Sintren yang fenomenal, Wayang Cirebon, serta musik-musik dengan tembang pantura yang semakin menjadi idola dalam diri masyarakat luas. Jika kota jember memiliki festival yang mampu mendunia, kebudayaan Cirebon pun memiliki festival budaya pesta laut atau lebih popular dengan nama Nadran yang setiap tahun diselenggarakan dan mampu menyedot perhatian dunia.

Sintern 500x500Semua seni dan budaya Cirebon biasanya dikemas menarik dalam satu pertunjukan yang biasanya diselenggarakan di Gua Sunyaragi. Gua Sunyaragi, merupakan sebuah taman dengan sebagian besar bangunan yang terbuat dari batu karang. Batu karang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa hingga terbentuk susunan yang unik seperti sebuah istana megah. Dan disini terdapat bangunan yang menyerupai sebuah panggung yang sering dipakai untuk pertunjukan seni budaya Cirebon yang biasanya diselenggarakan untuk merayakan Hut Kota Cirebon.

Keindahan kesenian dan budaya Cirebon bisa dinikmati seluruh masyarakat tak hanya masyarakat Cirebon sendiri, hal ini bisa terlihat dari jumlah wisatawan yang mulai memadati Cirebon diakhir pekan. Dan untuk menikmati keindahan seni dan budaya Cirebon, masyarakat bisa menggunakan jasa City Tour dari Naba Rent Car, jasa trasnportasi terbaik di Cirebon.

Naba Rent Car menyediakan armada dengan unit terbaru, selain itu perawatan kendaraan sangat diperhatikan sehingga membuat perjalanan Anda semakin aman dan nyaman. Tak sampai disitu saja Naba Rent car juga memiliki supir-supir handal yang terkenal dengan keramhannya dan siap melayani pelanggan dengan baik.

Tunggu apa lagi, segera pesan dan nikmati kendihan kesenian dan kebudayaan Cirebon dengan aman dan nyaman bersama Naba Rent Car.

 

NABA RENT CAR

Griya Intan Blok A No.19 Perumnas Cirebon

Website: www.nabarentcar.com

Phone: (0231) 8303653

WA: 082127944944/ 087729177277

BBM pin: 56ECAFEF

 

 

Image By: Cirebon Media/ Google.com