Pengembangan Metropolitan Cirebon Raya diharapkan dapat sejalan dengan konsep pengembangan metropolitan dan growth center sebagai penghela percepatan pembangunan di Jawa Barat. Untuk itu diperlukan konsep pengembangan masing-masing metropolitan di Jawa Barat dengan mengoptimalkan pemanfaatan komponen atau faktor-faktor produksi yang terdapat di wilayah metropolitan masing-masing. berdasarkan hal tersebut, konsep pengembangan Metropolitan Cirebon Raya adalah

“Metropolitan Budaya dan Sejarah dengan Sektor Unggulan Wisata dan Industri Kerajinan”.

a. Metropolitan Budaya dan Sejarah

Budaya dan sejarah menjadi hal yang sangat melekat dengan Metropolitan Cirebon Raya. Berdasarkan keunggulan yang dimiliki Metropolitan Cirebon Raya, terdapat berbagai macam budaya yang berkembang di metropolitan tersebut. Budaya yang berkembang telah menjadi ciri khas Metropolitan Cirebon Raya sebagai Metropolitan Budaya dan Sejarah.

Untuk dapat mengembangkan konsep Metropolitan Cirebon Raya sebagai penghela percepatan pembangunan di Jawa Barat, diperlukan strategi pengembangan yang sesuai dengan keunggulan dan permasalahan yang dimiliki wilayah tersebut. Dalam mengembangkan konsep pengembangan Metropolitan Cirebon Raya sebagai metropolitan budaya dan sejarah, pelestarian warisan budaya dan kawasan cagar budaya sebagai daya tarik wisata baik skala lokal, regional, nasional dan internasional diperlukan. Hal tersebut dilakukan mengingat keberadaan warisan budaya tersebut perlu dijaga sebagai aset wilayah yang akan menghela pembangunan wilayah tersebut.

Selain pelestarian budaya, prioritas pengembangan budaya dan kesenian dengan penyediaan fasilitas memadai seperti gedung kesenian sebagai tempat pameran dan festival, padepokan seni dan sanggar seni budaya, pusat kebudayaan serta museum dan galeri juga diperlukan. Penyediaan fasilitas-fasilitas tersebut harus pula didukung oleh penyediaan infrastruktur dasar untuk pengembangan metropolitan secara menyeluruh seperti penyediaan perumahan vertikal skala besar di Kota Cirebon, penyediaan fasilitas pendidikan, kesehatan, peribadatan, peparkiran dan fasilitas dasar lainnya sesuai dengan hirarki skala pelayanan yang melayani pusat-pusat kegiatan masyarakat serta penyediaan infrastruktur permukiman, energi, transportasi, telekomunikasi, dan sumber daya air.

b. Pengembangan Wisata

Wisata menjadi salah satu sektor yang dapat mendorong pencapaian Metropolitan Cirebon Raya sebagai metropolitan budaya dan sejarah. Prioritas pengembangan produk wisata dan strategi pemasaran juga perlu dilakukan sebagai salah satu upaya preservasi warisan budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi yang juga dapat dijadikan potensi wisata dan penggerak pembangunan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan potensi wisata tersebut juga harus disertai dengan peningkatan sarana dan prasarana penunjang seperti aksesibilitas jalan yang terintegrasi antar kawasan wisata, optimalisasi sarana dan prasarana transportasi, penyediaan hotel dan restoran di sekitar tempat wisata, penyediaan pusat informasi wisata dan rekreasi serta fasilitas perdagangan sebagai bagian dari pengembangan wisata.

Wisata alam, wisata budaya dan wisata budaya merupakan bagian dari wisata yang ada di Metropolitan Cirebon Raya. Keragaman jenis wisata tersebut telah mencirikan budaya dan sejarah di Metropolitan Cirebon Raya. Pengembangan terhadap sektor wisata tersebut akan mendorong perekonomian Metropolitan Cirebon Raya sehingga sektor wisata tersebut perlu dikembangkan secara optimal. Pengoptimalan sektor wisata di Metropolitan Cirebon Raya dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pemeliharaan, peningkatan, serta pengawasan terhadap objek-objek wisata yang telah tersedia.

c. Pengembangan Industri Kerajinan

Berdasarkan potensi yang dimiliki Metropolitan Cirebon Raya, sektor industri memiliki peranan yang cukup penting dalam mengembangkan metropolitan tersebut. Pengembangan industri kerajinan berupa kerajinan batik dan rotan yang menjadi ciri khas Metropolitan Cirebon Raya akan menjadi salah satu ikon budaya di metropolitan tersebut. Dalam mengembangkan konsep pemgembangan Metropolitan Cirebon Raya sebagai metropolitan budaya dan sejarah dengan sektor unggulan industri kerajinan, prioritas terhadap peningkatan dan pertumbuhan kegiatan industri batik dan industri kerajinan rotan diperlukan sebagai bagian dari budaya Cirebonan. Selain itu, pengembangan kegiatan industri kerajinan batik dan rotan sebaiknya dilakukan secara terintegrasi, ramah lingkungan, berteknologi tinggi dan mampu membangkitkan kegiatan ekonomi wilayah.

(Sumber : metropolitan.jabarprov.go.id)

Naba Rent Car sebagai salah satu pelaku usaha penyediaan layanan rental mobil cirebon dan antar jemput penumpang di Kota Cirebon, sangat mendukung program ini. Kehadiran Naba Rent Car akan dapat memberikan kemudahan bagi anda para wisatawan maupun pebisnis yang sering atau akan berkunjung ke kota ini tanpa harus kesulitan mencari layanan transportasi yang cocok. Naba Rent Car memberikan berbagai jenis layanan mulai dari rental mobil cirebon atau sewa mobil cirebon dengan sistem harian atau per jam, antar jemput penumpang dari dan menuju stasiun atau bandara, penyediaan tiket kereta dan pesawat serta layanan paket wisata di Kota Cirebon.

Untuk itu jangan segan untuk menghubungi Customer Service kami di:

Naba Rent Car – Rental Mobil Cirebon

Alamat: Griya Intan Blok A No 19 Perumnas Cirebon, Jawa Barat
Email : nabarentcar@gmail.com
HP : +6282 127 944 944 / +6287 729 177 277 / +6285 748 144 944
Telp. : (0231) 830 3653
Pin BB : 54937D5E
We Chat ID : 082 127 944 944