Dalam artikel ini Naba Rentcar akan memberikan Tips Menyewa dan Memilih Mobil Untuk Mudik Lebaran. Menjelang hari raya Lebaran yang akan datang anda pasti akan berpikir ulang beberapa kali untuk menyewa kendaraan yang akan anda gunakan untuk pulang kampung. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan penyedia jasa sewa mobil dengan jenis dan tarif sewa yang beragam. Untuk itu, anda harus berhati-hati dan jangan sembarangan dalam menentukan pilihan, sebab perjalanan yang akan anda tempuh juga jauh dengan karakter jalan yang belum tentu anda ketahui.

Berikut ini ada beberapa tips dari Naba Rent Car Cirebon yang dapat anda gunakan saat akan memilih mobil sewaan untuk pulang ke kampung halaman.

 

  • Tentukan jenis mobil sesuai dengan kebutuhan anda

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum menyewa mobil adalah menentukan jenis mobil yang akan anda sewa. Bila anda termasuk keluarga kecil, yang terdiri dari anda, istri dan dua anak anda, sebaiknya anda memilih mobil jenis keluarga kecil atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV)

Ada beberapa alasan mengapa perlu memilih jenis mobil itu. Pertama, kemungkinan besar jalan yang akan anda lalui sepanjang perjalanan mudik akan macet karena banyaknya pemudik yang menggunakan mobil, sehingga dengan mobil ukuran kecil anda bisa lincah bermanuver di jalanan macet.

Yang kedua adalah dengan kapasitas mobil yang kecil, meski secara tehnologi antara mobil besar dan kecil sama, namum mobil bermesin kecil akan jauh lebih irit, dan sewa mobil kecil juga jauh lebih mudah sehingga selisih uang sewanya dapat anda gunakan untuk kepentingan lain.

  • Lakukan pembandingan harga

Saatnya, jasa penyedia sewa mobil mudah ditemukan dan sangat beragam. Agar mendapatkan harga yang pas, sebaiknya anda melakukan perbandingan dengan melakukan survei kecil-kecilan terhadap empat atau lima perusahaan. Bandingkan harga yang mereka berikan, jangan terpikat dengan harga murah tetapi juga jangan setuju saja dengan harga tinggi.

  • Pelajari perjanjian sewa dengan cermat

Setelah mendapatkan gambaran mobil yang akan disewa, tarif sewa, serta menentukan tempat perusahaan penyedia sewa, langkah selanjutnya adalah mempelajari perjanjian sewa yang disodorkan perusahaan. Pelajari beberapa hal yang menyangkut hak dan kewajiban penyewa.

Beberapa hal yang perlu anda tanyakan antara lain, kondisi bahan bakar sebelum mobil anda gunakan dan setelah dikembalikan ke perusahaan. Biasanya perusahaan mensyaratkan kondisi bahan bakar di saat mobil dikembalikan harus seperti pada saat anda mengambil anda mengambilnya.

Hal lain yang patut ditanyakan adalah, bila terjadi keterlambatan pengembalian mobil. Hal ini perlu diajukan, mengingat kondisi jalan selama arus mudik atau balik tidak menentu. Kemacetan berjam-jam bisa saja terjadi.

  • Tanyakan manfaat asuransi

Bila perusahaan tempat anda menyewa mobil juga menerapkan biaya premi asuransi, tanyakan dengan jelas jenis asuransi, manfaat yang akan diperoleh, serta cakupan perlindungan untuk siapa saja, apakah untuk anda sendiri atau juga anggota keluarga lainnya. Berapa besar uang pertanggungan yang diperoleh dan sebagainya.

Hal itu penting ditanyakan untuk mengantisipasi bila terjadi risiko yang tidak kita inginkan. Pasalnya, bahasa dan kalimat di dalam perjanjian asuransi biasanya kerap menimbulkan salah tafsir, sehingga harus dipelajari kalimat demi kalimat.

  • Cek kondisi mobil

Bila semua urusan diatas selesai, kini giliran melakukan pengecekan kondisi mobil. Upayakan sebisa mungkin untuk memilih mobil yang berusia maksimal enam tahun. Sebab, mobil dengan usia itu masih relatif stabil dan kondisi masih terbilang prima.

Setelah mendapatkan mobil yang dimaksud, lakukan pengecekan kondisi kelistrikan, mesin, ban, serta kestabilan mobil. Kondisi kelistrikan bisa menggunakan alat bantu volt meter untuk mengecek sumber listrik baik alternator maupun aki.

Bila tidak ada alat tersebut gunakan cara paling sederhana dengan menghidupkan mesin. Setelah itu aktifkan semua peranti penunjang kenyamanan yang menggunakan sumber tenaga listrik seperti lampu, air conditioner (AC), power window, sistem audio, dan sebagainya.

Begitu pun dengan mesin, bila dihidupkan dalam beberap menit tersengal-sengal berarti mesin mobil tersebut sudah tidak sehat. Pastikan kondisi ban – dengan melihat ukiran kembangan – masih dalam kondisi bagus atau minimal 70 persen

Jangan lupa, mencoba mobil di jalan – dengan seizin petugas dari perusahaan – untuk mengetahui stabil tidaknya saat mobil dikemudikan. Cara itu juga untuk memastikan kondisi suspensi dan kaki-kaki mobil.

  • Mintalah nomer telepon yang bisa dihubungi

Bila semua urusan persyaratan telah selesai dan anda sudah sepakat untuk menyewanya, jangan lupa meminta nomor telepon perusahaan tempat anda menyewa yang bisa dihubungi setiap saat. Hal itu untuk mengantisipasi bila terjadi peristiwa yang tidak diinginkan di jalan yang berkaitan dengan mobil dan anda bisa menanyakan kondisi itu kepada petugas di perusahaan tersebut.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu anda. Info lebih lengkap dapat menghubungi kami Naba Rentcar Cirebon. Perusahaan jasa sewa mobil terbaik di Cirebon.